Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Setelah Membaca Al-Quran (Arab, Latin beserta Arti dan Keutamaannya)

Alquran
Photo by abdulmeilk majed from Pexels.com

Al-Quran adalah sumber ilmu tak terbatas bagi umat manusia. Terdapat banyak sekali petunjuk kehidupan yang ada di dalam Al-Quran.

Sebelum membaca Al-Quran, kita disunnahkan untuk membaca doa terlebih dahulu, seperti yang sudah kami bahas pada artikel Doa Sebelum Membaca Al Quran (Arab, Latin beserta Artinya), begitu pula dengan ketika selesai membaca Al-Quran, kita juga disunnahkan untuk membaca doa.

Doa dimaksudkan untuk memohon kepada Allah SWT, agar al-quran yang telah kita lafalkan dapat menjadi berkah bagi kita.

Dalam beberapa riwayat hadits yang shahih, terdapat doa-doa yang dapat kita baca ketika selesai membaca Al-Quran. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan berbagi Doa Setelah Membaca Al-Quran dalam bahasa Arab, Latin dan juga Artinya.

Doa Setelah Membaca Al-Quran

Terdapat dua doa yang dapat kita baca untuk mengakhiri baca quran atau mengaji, ada doa yang versi pendek dan dan juga ada doa yang versi panjang sesuai sunnah. Dua-duanya diambil dari hadits shahih.

1. Doa Setelah Membaca Al-Quran Pendek

Berikut ini adalah doa singkat setelah membaca Al-Quran, ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan tidak lupa kami juga menyertakan artinya.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Subhanakallahumma wa bihamdika laa ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaika.

Artinya:"Maha suci Engkau dan pujian kepada-Mu, Tidak ada sesembahan yang berhak di sembah kecuali Engkau, aku meminta ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu."

2. Doa Setelah Membaca Al-Quran Sesuai Sunnah Rosul

Dan berikut ini adalah doa selepas membaca Al-Quran yang versi panjang, diambil dari hadits shahih dan memiliki keutamaan yang sangat luar biasa.

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummarhamnii bil qur’aani. waj’alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa’allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj’alhu lii hujjatan yaa robbal ‘aalamiina.

Artinya:"Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an yang agung, jadikanlah ia bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam."

Keutamaan Doa Setelah Membaca Al-Quran

Pada doa yang pertama, keistimewaan atau keutamaan dari doa tersebut adalah kita mengagungkan nama Allah SWT yang merupakan sumber dari Al-Quran karena seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa, sejatinya Al-Quran adalah firman Allah SWT. Kita memohon ampun kepada-Nya, apabila terdapat kesalahan tajwid, pengucapan makhroj dan sebagainya selama kita mengaji.

Dan pada doa yang kedua, fadhilah atau maknanya adalah memohon kepada Allah SWT, agar kita diberi rahmat setelah membaca Al-Quran, meminta agar Al-Quran dapat menjadi petunjuk atau tuntunan hidup untuk membawa kita menuju jalan kebenaran.

Dan juga meminta kepada-Nya agar mengingatkan kepada kita atas apa yang telah kita lupakan dan apa yang belum kita ketahui, serta memohon kepada Allah SWT agar kita diberi kemampuan untuk selalu membaca Al-Quran pada waktu pagi, siang, sore, hingga malam hari.

Itulah tadi bacaan doa setelah mengaji atau membaca al-quran, semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Doa Setelah Membaca Al-Quran (Arab, Latin beserta Arti dan Keutamaannya)"