Puasa Neptu Untuk Keilmuan

Puasa Neptu, seperti yang kita ketahui adalah untuk mempersingkat dari puasa selama 40 hari. Jika jalani secara langsung pasti akan terasa berat dan melelahkan, dengan adanya puasa Neptu maka cukup di jalani dengan 3 hari saja.

Puasa Neptu Untuk Keilmuan

Puasa 40 hari dan di pangkas menjadi hanya 3 dino saja, pasti banyak yang menunggu hitungan pasaranya. Menjalani puasa selama 41 hari memanglah berat, akan tetapi terdapat kelebihan tersendiri dengan menebusnya atau memilih Puasa Neptu yang mempersingkat menjadi 3 haru saja.

Konon puasa neptu, di sejarahi oleh kanjeng sunan Kalijaga, dimana Waliyuallah ini mempersingkat Puasa ini dengan tujuan untuk meringankan para santrinya dalam menjalani puasa. Walaupun demikian, seperti yang kita ketahui, menjalani sebuah puasa untuk tujuan khusus menuntut keikhlasan hati dalam menjalaninya, terkecuali jika ada keputusan dari sang guru.

Bagi Anda yang berniat untuk menjalani puasa Neptu, berikut hitungan pasaranya.
  1. Selasa kliwon, Rabu legi dan Kamis pahing
  2. Rabu pon, Kamis wage, Jum’at kliwon
  3. kamis wage, Jum’at kliwon, Sabtu legi
  4. Sabtu kliwon, Minggu legi, Senin pahing
  5. Jum’at pahing, Sabtu pon, Minggu wage
  6. Jum’at legi, Sabtu pahing, Minggu pon
Hari di atas, bisa Anda gunakan untuk Puasa Neptu jadi di mana yang harusnya Anda menjalani selama 40 hari bisa di persingkat.

Namun sedikit saran dari saya, jika yang harus Anda puasai 40 hari, maka ada baiknya Anda menjalani dengan tata cara yang sebenarnya tanpa ada pemikiran yang ingin mendapatkan sebuah keilmuan dengan cara meringankan. Karna sejatinya, sebuah ilmu itu di kuasai dengan niat dan ketulusan hati agar apa yang Anda puasai menjadi buah yang manis dari lapar dan hausnya Anda berpuasa.

Semogga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Puasa Neptu Untuk Keilmuan"

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Sopan.
Tidak Sesuai Kami Hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel